Header Ads

test

Apa Doa Umat Islam yang Tertinggi?


All About Ahlulbait Doa memiliki banyak ragam dan jenisnya di samping adab-adab dan kondisi-kondisi yang terkadang mencakup perkara kehidupan yang kecil hingga persoalan satu umat yang sangat besar dan global. 

Ayatullah Jawadi Amuli dalam pelajaran tafsir surah Al-Zumar mengisyaratkan tentang doa umat Islam yang paling tinggi.

Paling tingginya doa umat Islam adalah ‘janganlah letakkan di dalam hati kami dendam orang-orang yang beriman’. Umat Islam meminta kepada Tuhan Yang Mahasuci supaya kami menjadi satu kesatuan yang tidak memiliki dendam kepada seorangpun dan jika diasumsikan memiliki perselisihan maka hal itu bisa diselesaikan. Tidak benar jika kita menyelimuti diri kita dengan dendam yang memiliki bahaya-bahaya di sampingnya. Dengan dendam, manusia tidak memiliki pikiran-pikiran yang sehat, masa-masa yang senggang, dan ketenangan jiwa untuk keluarga.

Ketiadaan dendam adalah sesuatu yang diberikan oleh Tuhan kepada para penghuni surga. Mungkin saja di dalam diri para penghuni surga, sebelum memasuki surga, terdapat dendam, akan tetapi Tuhan tidak akan memasukkannnya ke dalam surga dengan dendam ini, karena itu pertama-tama hati mereka dibersihkan dan diobati serta disucikan sedemikian sehingga tidak ada setitik dendam kepada siapa pun yang tertinggal. Semuanya sirna dengan menyaksikan penghuni surga. Pengertian inilah yakni keharmonisan dan ketiadaan dendam yang dimiliki oleh para penghuni surga yang diminta oleh kaum mukmin kepada Tuhan supaya terdapat keselarasan dengan sistem alam eksistensi dan penghuni surga.

No comments